Di Kabupaten Tegal, MILAD Paguyuban Keris Ajang Edukasi Soal Tosan Aji

Slawi – Keris merupakan senjata tikam tergolong kategori belati  (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya, keris terkenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah.

Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, sering kali bilahnya berkelok-kelok, dan konon  memiliki pamor atau kewibawaan, tak hanya itu saja Keris  terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik dari Sulawesi,  Senjata tikam lain adalah kerambit.

Keris di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, serta peristilahan, bahkan penggunaan keris ini tersebar di wilayah yang pernah terpengaruh oleh Majapahit, seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatra, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao).

Di Kabupaten Tegal salah satu wilayah kabupaten di Jawa Tengah yang juga menjadi wilayah dengan keaneragaman budaya, diantaranya keberadaan Paguyuban Keris Kabupaten Tegal dalam hari jadinya, selain melakukan ziarah ke Makam Amangkurat juga melakukan pamerantosan aji. Sabtu (22/8) Malam

Pameran keris yang di selenggarakan Gedung Co Working Taman Rakyat Slawi (TRASA) selain dihadiri pengurus dan anggota PAGUYUBAN KERIS KABUPATEN TEGAL juga di hadiri paguyuban-paguyuban TosanAji dari Jawa Tengah dan DIY, bahkan dalam milad tersebut juga di pamerkan berbagai koleksi keris maupun Tombak .

Dari keterangan yang dirangkum dari beberapa sumber yang ada, kegiatan ini merupakan milad yang pertama Paguyuban Keris Kabupaten Tegal dan sekaligus menjaga Peninggalan Sejarah dan Budaya sebagai edukasi bagi generasi.

Acara yang digelar sejak siang ini, selain menampilkan berbagai macam tosan aji, juga menjadi ajang edukasi bagi para pengunjung yang hadir menyoal tosan aji (Redaksi//HR)

 

 52 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.