Tegal – Sejarah mencatat Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan dalam pertempuran laut Arafuru yang menyebabkan gugurnya Commodore Yos Sudarso. pertempuran yang terjadi di Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 antara Tentara Indonesia melawan Belanda untuk pembebasan Papua.

Peristiwa yang terjadi tersebut melibatkan 3 Kapal Republik Indonesia (KRI), yakni KRI Harimau, KRI Macan Tutul, dan KRI Macan Kumbang, yang sedang menjalankan operasi senyap untuk mengintai kekuatan armada Belanda di sekitar Irian Barat. Tujuan akhir operasi itu adalah untuk membebaskan Irian Barat dari cengkeraman Belanda.

Dalam memperingati hari bersejarah, Kamis 14/1/2021 Angkatan Laut Kota Tegal yang berlokasi di Jalan Proklamasi, Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, Jawa Tengah melakukan ziarah di Desa Kalibakung lokasi yang memiliki nilai sejarah bagi kebangkitan Angkatan Laut di Kota Tegal

Danlanal Tegal Marinir Ridwan aziz, M.TR. Hanla, CHRMP dalam penjelasannya mengapresiasi hubungan yang terjalin baik dengan masyarakat Kabupaten dan Kota Tegal yang sudah sangat hangat guna menjalin komunikasi dengan baik serta di Hari Dharma Samudera ini bisa membangkitkan keeratan jalinan sinergitas.

Sedangkan dalam mengikuti rangkaian Hari Dharma Samudera Wakil Walikota Tegal, Muhammad Jumadi ST.MM didampingi Kepala Desa Kalibakung Mujiyono ST.MM Danlanal Tegal Marinir Ridwan aziz, M.TR. Hanla, CHRMP, Kadisbintal TNI AL Laksamana Pertama TNI Drs Ian Heriyawan beserta Rombongan dan Salah seorang Guru Sekolah Dasar Ny Muayatin (92) isteri dari salah seorang anggota TNI yang turut menjadi saksi kebangkitan Angkatan Laut Kota Tegal, selain mengucapkan selamat Hari Darma Samudera juga mengapresiasi Danlanal Kota Tegal dalam menjalin Sinergitas di berbagai lini pemerintahan maupun masyarakat

Lebih lanjut rangkaian yang juga di isi dengan memberikan santunan yatim piatu bagi warga yang berada Desa Kalibakung, Wakil Walikota Tegal menyampaikan giat ini merupakan wujud sinergitas yang terjalin dengan baik bersama Jajaran Lanal Tegal dan Kepala Desa di harapkan akan membawa angin segar dalam pertumbuhan perekonomian maupun ketentraman, keamanan masyarakat di Kabupaten maupun Kota Tegal (Red)

 1,230 total views,  1 views today

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.