Detakindonesia.com – Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono meresmikan UD. Karya Mandiri Asri, yang berlokasi di Perum Sumbodro Asri, Minggu (31/10/2021).

UD. Karya Mandiri Asri merupakan UD yang bergerak penyediaan bibit tanaman buah.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan ucapan selamat kepada Pemilik UD. Karya Mandiri Asri, Sodik Gagang.

Saat ini menurut Wali Kota memang dibutuhkan bibit-bibit tanaman buah untuk ditanam di ruang terbuka hijau.

“Ini peluang yang bagus, saat ini banyak masyarakat yang memilki tanah atau pekarangan yang dimanfaatkan untuk menanam tanaman buah,” ungkap Wali Kota.

Sementara, pemilik UD. Karya Mandiri Asri, Sodik Gagang yang juga merupakan Ketua Komisi 3 DPRD Kota Tegal ini menyampaikan, usahanya ini sebuah kegiatan yang tergolong masih baru di Kota Tegal. Sebab sementara ini yang sudah ada adalah depot tanaman bunga atau mungkin ada tanaman buah namun tidak secara khusus menyediakan tanaman buah.

Menurut Sodik Gagang saat ini tanaman buah sangat dibutuhkan, apalagi jika melihat masih banyak tanah-tanah yang masih kosong dan kurang terawat kemudian bisa ditanami tanaman buah.

Sodik menambahkan saat ini yang terserdia di tempat usahnya ada 13 jenis tanaman buah, dengan jumlah batang kurang lebih ada 500 batang.

“Ini merupakan terobosan kami, mengingat dengan pertumbuhan penduduk yang cukup banyak saat ini, buah akan menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat,” kata Sodik.

Dengan pertimbangan hal tersebut pihaknya mulai merintis usaha penjualan bibit tanaman buah. Salah satu bibit tanaman buah yang menjadi andalan adalah bibit tanaman Durian Bawor, yang diperkirakan dua tahun kedepan sudah bisa berbuah.

Ia menjelaskan khusus untuk bibit durian, memang pihaknya tidak menjual bibit durian lokal.

Sodik Gagang berharap selain bisa menjual bibit tanaman buah, juga bisa membuat lingkungan akan semakin asri.(*)

 173 total views,  1 views today

Redaksi