CAP GO MEH, Walikota Dan Wakil Walikota Tegal Meramaikan Tao Pe Kong

Tegal – Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, jajaran Forkompinda menghadiri perayaan Cap Go Meh.

Ada yang unik dan special dalam Perayaan hari Raya Yuan Xiao atau lebih dikenal hari raya Cap Go Meh di Kota Tegal di Tahun 2020 kali ini.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM yang mengenakan pakaian khas etnis Tionghoa ikut langsung menggotong tandu Tao Pe Kong bersama Forkopimda Kota Tegal yang juga hadir dalam acara tersebut.

Tidak cukup sampai disitu, di kawasan Pelabuhan Tegal, Walikota Tegal bersama Wakapolres Tegal Kota Kompol Joko Wicaksono bahkan menyempatkan diri beratraksi menjadi Barongsai menghibur masyarakat.

Perayaan Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke lima belas setelah tahun baru Imlek memang rutin diselenggarakan Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal setiap tahunnya. Adapun dalam prosesinya, dilakukan Kirab Gotong Tao Pe Kong dengan mengeluarkan satu per satu patung dewa dari dari kelenteng Tek Hay Kiong menuju pelabuhan Tegal untuk dilakukan sembahyang pantai atau sembahyang kepada dewa Tuan Rumah Tek Hay Kiong yakni Kongco Kwee Lak Kwa.

Tidak hanya di padati warga etnis Tionghoa saja, warga yang berasal dari berbagai etnis dan agama di Kota Tegal juga terlihat antusias menyaksikan prosesi Kirab Gotong Tao Pe Kong.(**)

 228 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.