Brebes – Kepala Desa diminta jangan berkecil hati apa lagi galau ketika mengetahui nominal Dana Desa (DD) yang diterima tahun 2020 mengalami penurunan. Penurunan besaran penerimaan DD bukan merupakan kemunduran apa lagi kesalahan yang telah dilakukan pihak desa. Justru berkurangnya  Dana Desa yang diterimakan artinya Pemerintah Pusat sudah melihat perubahan yang signifikan terhadap pengelolaan DD yang berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa tersebut.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH pada sosialisasi dan konsolidasi pelaksanaan Dana Desa tahun 2019 di Aula Kecamatan Bulakamba dan Losari, Selasa (17/12).

Idza mengapresiasi kepada desa yang mengalami penurunan Dana Desa, dan berharap dikemudian hari desa tersebut mampu menjadi Desa Mandiri.

“Bila dana desanya turun, itu prestasi. Karena program yang dijalankan benar benar tepat sasaran dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saya apresiasi semoga menjadi contoh bagi desa lain,” puji Idza Priyanti.

Bupati Beri Apresiasi Kades yang Dana Desanya Turun
Bupati mengaku gembira, karena telah banyak desa yang telah merampungkan semua kegiatan tepat waktu. Untuk itu, para kepala desa segera melakukan musyawarah desa guna merumuskan kembali program program yang akan dilaksanakan tahun 2020.

“Harus ada skala prioritas  yang harus dilaksanakan di 2020. Seperti salah satu program yang berkaitan dengan Stunting, ODF,  RTLH,  dan beasiswa.

Senada, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades)  Kabupaten Brebes Rofiq Qoidul Adzam mengatakan bahwa penurunan nominal DD merupakan bukti keberhasilan pihak desa dalam melakukan perubahan.

Menurut Rofiq adanya peningkatan nominal Dana Desaesa justru akan menambah PR pihak desa, untuk terus melakukan inovasi baru yang dapat menciptakan perubahan tingkat kesejahteraan di wilayahnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH, antara lain Kepala Dinpermades Kabupaten Brebes, Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Farikha,  Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes JP Dewi, Seketaris DLHPS, dan Camat Bulakamba dan Losari. (Yaser Arafat/Wasdiun)

 171 total views,  4 views today

Tagged :

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *