Berawal dari Bisnis Mobil Mainan, Taman Lalu Lintas Mini Kini Hadir 

Batang – Berawal dari bisnis mobil mainan, hingga timbul ide untuk membuat wahana Taman Lalu lintas Mini, sebagai media bermain anak-anak sekaligus mendapatkan edukasi tertib berlalu lintas saat berkendara.

Pencetus Taman Lalu Lintas Mini, Agus mengutarakan, meskipun terkesan mini, namun tidak mengurangi esensi dari lalu lintas itu sendiri.

“Taman Lalu lintas Mini ini dilengkapi dengan rambu-rambu seperti lampu lalu lintas, petunjuk berbalik arah, zebra cross dan lainnya. Ke depan akan kami lengkapi lagi, selain tempat bermain juga bisa mencerdaskan anak-anak Kabupaten Batang,” terang Agus, saat ditemui di Taman Lalu lintas Jalan Pemuda, Kauman Kabupaten Batang, Jum’at (28/2/2020).

Agus mengharapkan agar generasi penerus menjadi pribadi yang tertib berlalu lintas, sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan. Ketika mereka dewasa, sudah mengerti tentang rambu-rambu dan berlalu lintas dengan baik.

Kepala Raudhatul Athfal Ar Rohmah Kadilangu, Sulistyaningsih mengatakan, Taman Lalu lintas Mini merupakan yang pertama di Kota Batang, jadi sangat berguna mengedukasi anak-anak tentang peraturan lalu lintas dengan praktik langsung di lapangan.

“Biasanya kita hanya bermain simulasi tanpa praktik, namun dengan praktik langsung anak-anak bisa tahu kalau Pak Polisi membunyikan peluit untuk berhenti atau jalan, mereka reaksinya cepat,” tuturnya.

Selain mengedukasi, ia juga menanggapi positif, karena kehadiran anggota Sat Lantas Polres Batang yang memandu langsung, membuat anak-anak lebih dekat, sehingga tidak ada perasaan takut saat bertemu di jalan.

“Jadi polisi itu bisa menjadi sahabat buat mereka, bukan sosok yang menakutkan. Dan yang paling penting, anak-anak bisa mengingatkan orangtuanya supaya berkendara dengan benar dan mengikuti aturan rambu-rambu lalu lintas,” tandasnya.

Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Polres Batang, Ipda Sukarinto mengapresiasi ide kreatif dari Bapak Agus yang ingin mengedukasi anak-anak tentang tertib berlalu lintas, namun dikemas secara menarik.

“Taman Lalulintas Mini ini sangat membantu Satlantas Polres Batang dalam menjalankan tugas dalam mengedukasi anak-anak,” katanya.

Menurutnya, dengan dibuatnya Taman Lalu Lintas Mini ini anak-anak dapat mempraktikan cara menyeberang yang baik, menaati rambu lalu lintas.

Ipda Sukarinto mengharapkan, Taman Lalu Lintas Mini merupakan aset yang mengedukasi anak usia dini, maka harus dijaga bersama.

“Jadi untuk menekan angka kecelakaan, edukasi tertib lalu lintas perlu ditanamkan sejak dini,” tandasnya.(red/kontributor Batang //JN)

330 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.