Penulis : Bung Baedy (FB)

Mungkin beberapa nama kali (sungai) yg hampir dilupakan oleh pribumi Tegal adalah kali Jembangan, kali Kembang, dan kali Bliruk. Memang terkesan kali (sungai) yg biasa biasa saja. Namun tahukah sedulur kalau ternyata beberapa sungai ini memiliki nilai historis.

Ya, di dalam babad pagedongan dan beberapa sumber lain disebutkan bahwa Ki Gede Hanggawana (bupati Tegal kedua?) pernah melakukan normalisasi terhadap sungai sungai ini. Bahkan diceritakan pula pernah dibangun bendungan yang hingga kini masih bisa dilihat sisa sisanya di sekitar Dukuhwringin (Kemanglen) walaupun sudah terkontaminasi oleh campur tangan Belanda.

Tegal memang membutuhkan pasukan air yg lebih, mengandalkan bendungan Danawarih saja mungkin tidak cukup sehingga oleh Ki Gede Hanggawana sungai sungai ini sempat dijadikan urat nadi bagi irigasi petani.

Sehingga selain kaligung dan kali rambut kehadiran sungai sungai ini pernah eksis pada zamannya. Namun sejalan dg waktu kini sungai2 ini hampir tak terawat. Entah karena apa dan karena siapa.

Foto : Dok. Pribadi
Sumber : Zubaedi, Akhmad. 2016. Menyusuri Jejak Jejak Tegal. Bukittinggi :Ajrie Publisher (***)

 137 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.