BAZNAS Brebes Distribusikan Masker dan Kesra Tenaga Harian Lepas

Brebes – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes mendistribusikan masker kepada masyarakat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes dan uang Kesra kepada Tenaga Harian Lepas (THL) di Lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab Brebes., Rabu (20/5).

Bantuan Masker dan Uang Kesra diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Baznas H Abdul Haris kepada Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes.

“Atas nama masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada Baznas Brebes yang mendistribusikan Masker dan Uang Kesra kepada para THL di masa Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Zakat yang terhimpun di Baznas Brebes, kata Idza, mayoritas bersumber dari gaji PNS. Karena Pemkab telah mendorong kepada PNS se-Kabupaten Brebes untuk menyalurkan zakatnya 2,5 persen.

Mulai 3020, Zakat PNS yang 1 persen untuk Baznas Kabupaten dan yang 1,5 persen disalurkan ke tetangganya masing-masing. Di samping itu, saat menerima gaji ke-13 dan 14 juga menyerahkan zakatnya 2,5 persen kepada Baznas.

“Insya Allah, pada tahun mendatang, pemasukan dari PNS akan meningkat,” ungkapnya.

Ketua Baznas Brebes Dr KH Chusnan Zein MA melalui Wakil Ketua Hj Aqilatul Munawaroh MPd menjelaskan, di masa Pandemi Covid-19 BAZNAS Brebes telah mendistribusikan zakatnya senilai Rp 1,6 Miliar. Meskipun untuk pemasukan tahun 2019 baru masuk Rp 0,5 Miliar dari PNS.

Dia menuturkan, yang diserahkan pada hari ini adalah masker sebanyak 25.000 buah senilai Rp 100 juta untuk masyarakat se-Kab Brebes melalui.gugus tugas covid-19. Sedangkan uang kesejahteraan untuk 800 orang masing masing menerima Rp 150 ribu dengan total Rp 120 juta.ereka yang menerima adalah petugas THL di lingkungan OPD Brebes seperti petugas kebersihan, penjaga malam, petugas jaga palang pintu dan lain-lain.

“Ini merupakan program baznas Brebes peduli untuk ashnaf miskin. Di tengah Pandemi Covid-19 dirasakan dampaknya oleh masyarakat menengah kebawah dengan kesulitan ekonomi,” ucapnya.

Sebelumnya, lanjut Aqilah, Baznas menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19, pembagian alat cuci tangan di 6 titik strategis dan pada H-2 Idhul Fitri akan dibagi Masker secara langsung kepada pengunjung pasar saat Prepegan. (Bambang Sugiarto/Wasdiun).

 

54 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.