TEGAL – Sejumlah 46 Duta Baca Kota Tegal di Kukuhkan Wali kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE. MM. Pengukuhan di lakukan di Gedung Adipura. Sabtu (21/12) malam  disaksikan Wakil Wali kota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM, Bunda Baca Kota Tegal dr. Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal M. Afin, Pegiat Literasi Kota Tegal Dr. Yusqon serta Penulis sekaligus Pegiat Literasi Nasional Maman Suherman dan Pengurus Pusat Forum Taman Bacaan Masyarakat (PP FTBM) Amel Melvi.

Bahkan ke 46 pegiat literasi yang dikukuhkan berasal dari unsur Pegiat Literasi Kota Tegal sebanyak 15 orang, Pengurus TP PKK Kota Tegal 4 orang dan 27 orang lainnya berasal dari masing – masing Tim Penggerak PKK di tiap Kelurahan se Kota Tegal.

Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono, SE.MM dalam sambutannya mengucapkan apresiasinya kepada seluruh 46 Duta Baca Kota Tegal yang baru saja di kukuhkan. Dirinya kemudian mengingatkan bahwa Duta Baca merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik, karena itu Ia  meminta Duta Baca  harus mempunyai peranan penting di masyarakat utamanya guna meningkatkan minat baca di lingkungan nya.

Walikota Tegal dalam hal ini juga menyediakan sarana dan prasarana yang menarik agar masyarakat utamanya anak anak tertarik untuk membaca, sedangkan kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal walikota juga meminta untuk lebih inovatif dan kreatif menarik minat baca pada masyarakat. Bahkan menurut wali kota mobil perpustakaan keliling saat ini harus di modif menyesuaikan keinginan anak.

“jika perlu mobil perpustakaan keliling di beri musik anak atau interior tokoh superhero agar anak mau mendekat,” ucapnya. Terkait sarana baca di fasilitas umum, wali kota juga meminta agar dinas terkait mampu menyediakan pojok baca di setiap fasilitas umum dengan sarana dan prasarana yang nyaman.

Sementara  Duta Baca Kota Tegal Dyah Pobondari Jumadi dalam sambutanya kemudian berkata bahwa pengukuhan Duta Baca kali ini menjadi langkah awal bagi dirinya dan 45 duta baca lainnya untuk menggiatkan literasi di Kota Tegal
“Literasi tentu akan kita mulai dari keluarga, sekolah sampai masyarakat,” ucapnya.

Pengukuhan Duta Baca malam ini menurutnya menjadi pendorong dirinya bersama Duta Baca lainnya untuk memulai menata sarana dan prasarana serta mengambangkan berbagai pojok baca serta kampung literasi di Kota Tegal.

“Tentunya kami berkomitmen untuk menyatukan langkah dan program dalam satu visi dengan mengenalkan bahan bacaan yang dimulai dari putra putri di tiap keluarga serta melakukan langkah demi peningkatan minat baca bagi masyarakat Kota Tegal,” pungkasnya.(Red/Muk/tim)

89 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.